Kamis, 27 November 2014

Kentang bagi kesehatan

Memang, kentang punya reputasi buruk sebagai makanan penambah berat badan. Namun, meski begitu, ternyata banyak manfaat kentang bagi kesehatan yang bisa ditemukan. Kentang sendiri kaya akan vitamin B6 yang membantu mencegah serangan jantung. Vitamin B6 ini dinilai rendah homosistein yang merupakan akar dari penyakit degeneratif dalam tubuh.

Selain itu, kentang adalah sumber besar vitamin C yang mampu memerangi penyebaran virus, menjaga kesehatan gigi, membantu perkembangan tulang dan pencernaan, serta berperan dalam proses pembentukan sel darah. Tak hanya itu, vitamin C ini juga membantu dalam proses penyembuhan luka, meningkatkan elastisitas kulit dan melawan stres.

Sebagai sumber alami vitamin D, kentang membantu membangun tulang yang sehat, melindungi saraf, jantung, membangun mood baik, serta menjaga kelenjar tiroid dalam tubuh. Kentang kaya akan zat besi yang berperan penting dalam produksi sel darai merah, leukosit, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme. Kentang, mengandung magnesium yang merupakan mineral anti-stres dan penting bagi darah, tulang, otot, serta arteri yang sehat.

Kentang adalah sumber potasium yang baik. Potasium inilah yang kemudian bertanggungjawab dalam mengatur sinyal detak jantung, saraf, mengurangi pembengkakan, dan melindungi ginjal. Dari banyak manfaat kentang bagi kesehatan yang telah ditemukan, kentang juga merupakan sumber alami dari gula yang berfungsi sebagai penambah energi alami tanpa menyebabkan berat badan bertambah. Adapun kadar karotenoid yang terkandung dalam kentang ini berfungsi memperkuat penglihatan mata dan mencegah kanker. (Healthmeup)
Reference: Intisari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar